NEBOSH International Oil and Gas, 7-12 September 2020 in Jakarta    NEBOSH International General Certificate, 14 - 26 September 2020 in Jakarta    NEBOSH Environmental Certificate, 28 Sept'- 03 Oct' 2020 in Jakarta

22 Jan 2015

Key Performance Indicators, 12-13 Januari 2014

KEY PERFORMANCE INDICATORS (DESIGNING AND IMPLEMENTING)

PENDAHULUAN

KPI & Objectives System adalah Konsep Performance Management yang sangat populer seiring dengan munculnya Konsep Balance Scorecard (BSC), sehingga tidak heran bila ada yang mengatakan BSC adalah salah satu metamorfose dari Performance Management yang lebih mengutamakan aksi melalui konsep Objective, KPI, Target, & Initiative-nya. Dalam Workshop ini, anda akan berbagi bagaimana membuat KPI & target yang benar, anda akan diajarkan untuk membedakan mana objective, outcome, output dan aktivitas sehingga KPI-nya benar. Disamping itu anda juga akan berbagi bagaimana melakukan review dan validasinya apakah KPI yang dibuat itu sudah benar atau tidak. Yang bermuara pada penyeleksian yang lebih penting diantara sekian banyak KPI, program & unit kerja shg perusahaan bisa membuat skala prioritas dan membantu dalam pengambilan keputusan. Membangun elemen dan standar kinerja (lengkap dengan indikator-nya) yang mudah dipahami, terukur, bisa dicapai, adil, dan menantang merupakan hal yang sangat vital bagi efektivitas pengukuran dan pengelolaan kinerja. Hal utama dalam pengembangan elemen dan standar kinerja adalah memastikan bahwa kedua hal tersebut harus terkait dan berfokus pada “pencapaian” (accomplishments), dan bukan aktivitas. Melalui KPI & Target pula dapat diketahui objective, outcome, output dan produktivitas kerja divisi/unit kerja dan karyawan. Melalui KPI & target pula, seorang atasan bisa melakukan pengontrolan terhadap divsi/unit dan karyawan bawahannya. Meskipun Divisi/Unit dan karyawan terlihat sibuk dan banyak pekerjaan, tapi bila KPI-nya tidak terpenuhi, maka dianggap tidak ada nilainya. Inilah yang kemudian yang disebut Management by Control Unit; Seorang Direktur/Manager laksana bekerja dalam “Control Room” yang mengkontrol perusahaannya dengan cukup melihat Indikator divisi/unit dan karyawan dibawahnya melalui “Control System” yang terpasang dalam “Control Panel”. Metode diberikan adalah metode gabungan antara dunia Praktis dan konseptual dengan memasukkan beberapa tools manajemen.

COURSE OUTLINE

  1. Dimensi strategik sistem penilaian kinerja
    • Visi, Misi goal & budaya perusahaan
    • Overview tentang sistem manajemen kinerja
    • Mengkaitkan sistem manajemen kinerja dengan strategi
      organisasi
    • Sistem kinerja dalam sebuah arsitektur sumber daya manusia
  2. Strategi organisasi
    • Road map sistem kinerja (strategy map)
    • Outcome & output organisasi
    • Output departemen, unit & individu
  3. Budaya organisasi
    • Kondisi sekarang
    • Kondisi yang diinginkan
    • Core competency
  4. Formulasi strategi menjadi aksi nyata
    • Objective
    • Measurement (Key Performance Indicator / KPI)
    • Target
    • Initiative (Program)
    • Struktur organisasi
    • Job Analysis (Job Description)
    • Pembuatan wewenang untuk eksekusi KPI
  5. Cascading / break down obyektif organisasi
    • Dari obyektif organisasi menjadi obyektif departemen
    • Dari obyektif departemen menjadi obyektif unit kerja
    • Dari obyektif unit kerja menjadi obyektif posisi / jabatan (per karyawan)
  6. Mendesain dan mengelola sistem KPI
    • Kriteria
    • Pembobotan
    • Formulasi
    • Seting target
    • AHP
  7. Validasi & integrasi

 

WAKTU DAN TEMPAT

  • Pelatihan akan diselenggarakan selama 2 (Dua) hari, pada:
  1. Tanggal : 2015
  2. Jam : 8.00-16.00
  3. Tempat : JAKARTA

PENCAPAIAN/TUJUAN PELATIHAN :

  1. Peserta dapat memahami konsep dasar Pembuatan Key Performance Indicatordan aplikasinya dibidang industri dan manjemen sesuai standard yang ada.
  2. Peserta memiliki pemahaman bagaimana cara meningkatkan produktivitas dengan peningkatan Kinerja Perusahaan.
  3. Peserta dapat memahami aplikasi penggunaan kontrol manajemen sebagai dasar dalam mengelola program Kinerja perusahaan.
  4. Peserta memiliki pemahaman yang memadai, mampu merancang serta mengaplikasikan tools yang lazim digunakan pada manajemen secara umum dan manajemen SDM secara khusus

 

METODE PELATIHAN

  • Metode berikut ini akan dipergunakan dalam pelatihan ini:
  1. Presentasi
  2. Diskusi
  3. Simulasi

INVESTASI

  • Biaya kursus pada program ini Rp. 5.500.000/peserta meliputi; Lunch,Merchandise, Module, Training KIT & Sertifikat dan 2 kali Coffee Break + Snacks. Biaya kursus tersebut diatas belum termasuk Pajak.

COURSE ORGANIZER

  1. Handal Consulting & Training
  2. Graha Tirtadi 5th Floor
  3. Jalan. Raden Saleh No. 20, CIKINI, JAKARTA 10330
  4. Phone: +62 21 – 398 37 475
  5. Fax : + 62 21 – 398 37 477
  6. 24 Hours INFO : +62 21-70897550 , PIN BB 27F7CD13 atau 24F39AE7
  7. Website: http://www.handaltraining.com dan www.handaltraining.com

INSTRUKTUR

Ir. Dodi Mulyadi Hidayat
Professional Experience ; more than 15 years experience in several companies, such as: Simplification Process Production stafle fiber in PT. Polysindo Eka Perkasa, Support Company to Simplification Process & Prosedur System Accounting & Finance. PT. Polysindo Eka Perkasa Karawang. Organizational reengineering: process mapping, capacity analysis, job analysis & job evaluation., Assist and support on HR Standard Operating Procedures development. In project Organization Reengineering PDAM Surabaya. Trainer for Performace Appraisal, Trainer for Re- Re-design Strukture Organization and linking to Job escription Trainer Measurement System (KPI) and Output Activity, Support Company to Organization Development & Job Description, Man Power Planning & Recruitment, Remuneration System ( Salary & Benefit ), training and Development, Performance Appraisal, System Reward and Penalty Job Analysis to Dirjen Sumber Daya Air Direktorat Pekerjaan Umum Jakarta. KPI Development and Stategy Map Core Business To PLN Batam, Organizational reengineering: process mapping, capacity analysis, job analysis & job evaluation Assist and support on HR Standard Operating Procedures development. In project Organization Reengineering PT. Gapura Angkasa, Management Performance to Dirjen Sumber Daya Air Direktorat Pekerjaan Umum Jakarta, Development HR System and SOP Sutanraja Hotem Menado, Development Core Competency and Competency Managerial PT. Kereta Api (Persero), Organization Development & Job Description to PT Arholite Mediatama. Process mapping, job analysis & job evaluation., Assist and support on HR Standard Operating Procedures development. In project Reformasi Birokrasi Kementrian Lingkungan Hidup. Organizational reengineering: process mapping, capacity analysis, job analysis & job evaluation, Assist and support on HR Standard Operating Procedures development. In project Organization Reengineering Asuransi Tugu Mandiri. Organization Development, Job Description & Job evaluation to PT Sindang Reret Group Bandung, Organization Development, Job Description & Job evaluation to PT Sumi Indo Kabel Tanggerang. KPI Development and Job Description , Performance Management system to Universitas Teknologi Indonesia Serpong Jawa Barat, Workload Analysis PT. Gapura Angkasa Assessment Profilling Individu PERUM BULOG, Development KPI and Performance Manajemen System PERUM BULOG. Background Education: Industrial Engineering,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

css.php